Worksohop Kurikulum Teaching Factory Pada Program Sarjana Terapan Fakultas Teknik

Palu – Fakultas Teknik menggelar workshop kurikulum berbasis model pembelajaran Teaching Factory (TEFA) pada Kamis, 19 September 2024, yang bertempat di Ruangan Senat Fakultas Teknik. Workshop ini menghadirkan pemateri Agus Kurniawan, ST., MT, Ketua SPMI Politeknik ATMI Surakarta, yang berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait penerapan model pembelajaran TEFA di pendidikan vokasi.

Dalam pemaparannya, Agus Kurniawan menjelaskan bahwa Teaching Factory (TEFA) adalah model pembelajaran inovatif yang dirancang khusus untuk pendidikan vokasi, dengan standar industri dan bisnis. TEFA bertujuan untuk mempersiapkan lulusan pendidikan vokasi agar siap kerja dan berwirausaha dengan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Agus menekankan pentingnya sinkronisasi antara kurikulum akademik dan standar industri untuk menghadirkan pendidikan yang lebih relevan.

Fakultas Teknik saat ini memiliki tiga program studi vokasi, yaitu:

  • Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Manufaktur (D4 TRM)
  • Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik (D4 TRIL)
  • Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Jalan dan Jembatan (D4 TRJJ)

Dengan penerapan model pembelajaran TEFA, Fakultas Teknik berharap dapat meningkatkan kualitas lulusan agar lebih kompetitif dan siap menghadapi tantangan dunia kerja. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal yang penting dalam mendukung pengembangan kurikulum vokasi berbasis industri di fakultas tersebut.

Views: 7

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email

Berita Terkini

Fakltas Teknik Universitas Tadulako

Tentang Fakultas

Sejarah

Visi Misi

Pimpinan

Struktur Organisasi

Fungsi dan Tujuan

Bagian Tata Usaha

Senat Fakultas

Statistik Pengunjung

Pengunjung Online : 0
Pengunjung Hari Ini : 19
Total Pengunjung : 529

© 2024 TIM IT FATEK UNTAD