Sejarah

Sejarah Fakultas Teknik

Universitas Tadulako

Keberadaan Pendidikan Teknologi di Universitas Tadulako sebagal cikal bakal Fakultas Teknik Untad dengan 9 (sembilan) program studi melalui beberapa tahapan sejarah mulai dan tahun 1983 sampai sekarang. Dimulai atas prakarsa oleh beberapa dosen Universitas Tadulako, Instansi Teknis dan pemerintah daerah sehingga dengan berbagai macam pertimbangan maka, pendidikan bidang teknik dapat dimulai pada tahun 1983, dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Rektor Untad No. 215A/I/1983 tanggal 23 Oktober 1983, dengan Program Studi Teknik Sipil D3.

Setelah mengalami perkembangan dengan segala keterbatasan dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penyelenggaraannya selama satu tahun, Pendidikan Ahli Teknik (PAT) Untad memperoleh persetuuan Depdikbud R.l. melalui Dirjen Pendidikan Tinggi dengan Surat Keputi.isan No. 110/DIKTI/KEP/1984 tanggal 21 Agustus 1984, tentang Jenis dan Jumlah Program Studi di setiap Jurusan pada Fakultas di Iingkungan Universitas Tadulako (D3 Teknik Sipil dan D3 Teknik Bangunan). Mulai tahun 1984 PAT Untad berbenah din dan dengan dukungan pemerintah Tingkat I Sulawesi Tengah proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik sehingga pada tahun ajaran 1986/1987 telah menghasilkan alumni. Sejalan dengan perkembangan tersebut upaya – upaya berupa nintisan agar PAT Untad menjadi Fakultas semakin di intensifkan dengan memulai memprograkan tenaga pengajar untuk studi lanjut S2 dan S3, pembenahan menejemen, pengadaan peralatan laboratorium dan studio, sebagai suatu syarat berdirinya fakultas.

Upaya – upaya yang tetah dilakukan selama ini dapat terealisir dengan terbitnya Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor : 0378/0/93, tanggal 21 Oktober 1993, tentang Pendirian Fakultas Teknik, sehingga program studi yang ada pada PAT dengan sendirinya berada di bawah Fakultas Tekn┼ík, sehingga Fakultas Teknik pada awalnya mempunyai 3 program studi yaitu:

  • Program studi D3 Teknik Sipil
  • Program studi D3 Teknik Bangunan
  • Program studi Si Teknik Sipil

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not span in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty